Rabu, Mei 27, 2009

sEjARaH KaMeRa SLR

Temand2.......!!!
balik lagi ne saia..
buat ngasih info tentang photograpi euy...
naaa...tdi kn kita abis bahas pa ntuh sejarahnya si photograpi...
now..kita akan ngebahas tntang sjarahnye ne kamera SLR..
pada tau ndak kpanjangan dari SLR ntu apaan???
waaa...klo gag tau...
katro ney..hehehe..bercanda bro,,ding,,cil,,etc...
:)

SLR ntu kpanjangannye io "Single Lens Reflex"

aioooo..kita bahas tu kamera SLR

Kamera SLR tipe kamera yang mengunakan prinsip kaca pemantul yang dapat bergerak dan diletakkan antara lensa dan film yang memproyeksi gambar. Pada proses pengaturan layar focus. Keunggulan kamera SLR terletak pada bentuk gambar yang terlihat sama seperti gambar yang terbentuk dalam film.

Pertama kali kamera SLR dikembangkan dan dikenalkan pada tahun 1936 oleh Exakta yang mempelopori munculnya kamera SLR 35 mm. kanera tersebut untuk pertama kalinya menggunakan film warna yang dibuat oleh Kodakchrome dengan system film multilayered.perkembangan kamera SLR ternyata diikuti oleh Negara Swedia dan terkenal dengan kamera Hasselblad-nya.

Pada tahun 1948 Hasselblad membuat kamera dengan format medium komersial pertama. Sampai saat ini, Hasselblad menjadi pencipta kamera bermutu sangat tinggi dan menjadi idaman para fotografer professional. Perkembangan kamera tersebut ternyata diikuti juga oleh Negara Jepang yang sangat terkenal ambisius dalam mengembangkan teknologinyasendiri,dengan berkaca pada pengalaman negara barat. Pada tahun yang sama pentax memperkenalkan konsep diafragma otomatis pada kamera SLR.

Pada tahun 1949, pertama kalinya dikenalkan system penta prisma atau prisma segilima yang dikenalkan pada sisi atas kamera. System itu dikenalkan oleh perusahaan kamera contax di Jerman timur pada tanggal 20 mei 1949. System lensa dan prisma pada kamera tersebut ternyata menjadi acuan perkembangan kamera selanjutnya hingga saat ini.

  • Strukur kamera SLR adalah sebagai berikut:
    1. Lensa
    2. Kaca pemantul
    3. Jendela penutup (shutter)
    4. Film atau sensor digital
    5. Layar pemfokus
    6. Lensa
    7. Penta prisma
    8. Lubang pencari objek
Konsep kamera SLR tersebut semakin berkembang dan sangat digemari oleh fotografer amatir yang serius dan fotografer professional. Kamera SLR Asahiflex oleh perusahaan asahi pada tahun 1952. Perkembangan kamera SLR itu berlanjut dengan digunakan penta prisma oleh perusahan asahi pentax pada tahun 1957.kepopuleran kamera SLR semakin meningkat dengan kehadiran beberapa produsen SLR baru,antara lain: Nikon, Canon,dan Yashica pada tahun 1959. Perkembangan dengan fitur-fitur seperti pengatur cahaya secara otomatis, mengecilnya ukuran kamera, dan pengintegrasian motor pengatur film serta fungsi pembalikan arah pemutar rol film saat habis atau rewind itu pada era 1970-1980.

1 komentar: